Windows

Header Ads

3 Plugin Chat WordPress Terbaik

Cara membuat live chat di WordPress yang paling mudah adalah dengan menginstall plugin. Di subbab ini, kami akan membahas tiga plugin chat WordPress terbaik. Setelah itu, kami akan menjabarkan cara menginstall dan menggunakannya, dikutip dari hostinger pada (tanggal 07 Februari 2019).

1. WP Live Chat Support



Jika Anda ingin menginstall plugin live chat yang mudah digunakan, maka WP Live Chat Support adalah pilihan yang tepat. Segera setelah diinstall, live chat akan muncul dan aktif di website Anda. Hanya saja, plugin ini memiliki beberapa opsi kustomisasi yang harus Anda ketahui dan pahami dengan baik.

Sebagai contoh, Anda dapat mengubah atau mengedit style dan warna jendela live chat dan juga pesan otomatis yang akan terbaca user begitu mereka mengakses atau mengawali chat baru. WP Live Chat Support juga memungkinkan Anda untuk membuka obrolan dengan banyak user secara bersamaan, mengaktifkan chat dari end, dan bahkan mengecek transkrip dari percakapan sebelumnya.

WP Live Chat Support merupakan opsi terbaik untuk website berskala kecil dan medium. Akan tetapi, plugin ini hanya bisa digunakan oleh satu agent CS saja. Itu berarti hanya satu akun WordPress saja yang bisa bercakap dengan user.

Apabila ada banyak pertanyaan dan keluhan user setiap harinya, maka pilihlah plugin yang lain. Namun, jika tetap ingin menggunakan plugin ini, maka Anda diharuskan upgrade ke versi premiumnya.

Fitur Unggulan:
Membuat live chat di WordPress hanya dalam hitungan menit.
Dapat digunakan untuk bercakap dengan lebih dari satu user.
Tampilan dan cara kerja sistem dapat diubah-ubah.
Transkrip chat dapat disimpan dan dikirimkan ke user jika diperlukan.

Harga : Versi dasarnya gratis. Namun jika menginginkan yang lebih, maka Anda harus upgrade ke versi Pro yang berbayar.

2. Live Chat by Formilla



Live Chat by Formilla adalah plugin yang memiliki sejumlah fitur unggulan. Dengan plugin ini, cara membuat live chat di WordPress terasa lebih mudah. Ada dua metode yang bisa Anda lakukan, yakni menambahkan fitur ini ke halaman secara otomatis atau menggunakan widget agar Anda punya kontrol lebih terhadap live chat. Bahkan Anda juga dapat memonitor aktivitas user melalui control panel plugin dan memulai obrolan dengan mereka.
Selain itu, dengan Live Chat by Formilla, Anda dapat menjadwalkan kapan live chat muncul secara otomatis. Kami menyarankan Anda untuk menggunakan metode ini karena sistemnya leih natural. Live chat akan muncul secara otomatis setiap kali ada user yang membuka browser Anda. Singkatnya, plugin ini menawarkan sejumlah fungsionalitas dan interface yang rapi.

Agar plugin ini dapat diinstall, terlebih dulu Anda harus mendaftar dan membuat akun Formilla. Proses pembuatan akunnya cukup mudah, dan yang Anda perlukan hanyalah memilih versi gratisnya. Fitur-fitur yang ada pada versi gratis ini akan membantu Anda mengelola live chat. Apabila Anda tidak ingin menggunakan layanan pihak ketiga untuk mengaktifkan live chat, maka menginstall plugin ini bukanlah pilihan terbaik.

Fitur Unggulan:
Live chat window-nya dapat dikustomisasikan.
Menyediakan estimasi waktu tunggu bagi visitor website.
Menggunakan widget untuk mengonfigurasikan pemasangan live chat.
Mengonfigurasikan chat window agar muncul secara otomatis sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

Harga: Sama seperti plugin lainnya, Live Chat by Formilla juga menawarkan versi dasar yang gratis. Jika Anda ingin menikmati fitur yang lebih canggih, maka upgrade plugin ke versi premium seharga $11.99 per bulannya (per satu orang agen).

3. Click to Chat for WhatsApp Chat



Click to Chat for WhatsApp Chat berbeda dari dua plugin yang telah kami bahas sebelumnya. Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa plugin ini berfungsi untuk menambahkan tombol chat ke website. Layar percakapan WhatsApp akan secara otomatis aktif dan terbuka sehingga Anda bisa langsung mengobrol dengan klien atau user. Bagi pengguna desktop, plugin ini akan mengaktifkan WhatsApp web yang cara kerjanya sama dengan aplikasi WhatsApp di smartphone.

Kelebihan dari WhatsApp adalah popularitasnya yang menanjak di berbagai belahan dunia sehingga akan ada banyak user yang mau menggunakan metode chat dengan aplikasi ini. Selain itu, karena sebagian besar orang saat ini sudah punya smartphone, maka plugin ini pasti sangat berguna dalam membantu Anda menangani sekian banyak pelanggan.

Sayangnya, menggunakan WhatsApp berarti ‘rela’ nomor Anda terlihat oleh klien. Oleh karena itu, yang harus Anda lakukan adalah menggunakan nomor yang memang hanya ditujukan untuk menangani pelanggan.

Fitur Unggulan:
User bisa langsung mengakses aplikasi chat WhastApp dari website Anda.
Aplikasi ini dapat dibuka baik melalui smartphone maupun desktop.

Post a Comment

0 Comments