Windows

Header Ads

Cara Instalasi Driver LAN Card DI Windows


Sebelum memulai pemasangan protokol, di ambil di kutip dari sosiologi-pendidikan kalian harus menginstal driver LAN Card yang digunakan. Seperti menggunakan LAN Card/Ethernet Surcom/Realtek dengan chipset RTL802 dan dengan kecepatan akses 10/10 Mbite. LAN Card ini secara standar telah dikenali oleh sistem operasi Windows 9x/XP.

Kalian juga dapat menggunakan berbagai merek LAN Card lain yang lebih tinggi. Saat ini kalian dapat menemukan ethernet dengan kecepatan akses 10/100 atau 100/100 Mb. Apabila kalian membeli ethernet terbaru, biasanya driver akan disertakan pada disket. Kalian dapat menggunakan driver tersebut untuk penginstalan.

Selanjutnya, cobalah untuk melakukan penginstalan driver LAN Card. Dalam penginstalan ini diasumsikan bahwa driver sebelumnya belum terinstal. Berikut langkah yang harus kalian lakukan:

1.Dari menu Start klik -Settings-control Panel.

2.Selanjutnya, control panel akan membawa kalian pada jalaman utama Control Panel.

3.Lalu pilih ikon Network untuk masuk dalam halaman setting jaringan. Jika kalian belum menginstal driver ethernet, maka halaman akan terlihat kosong. Driver standart akan di instal pada saat penginstalan windows pertama kali.

4.Jika driver yang terinstal tidak sesuai dengan LAN Card yang anda miliki, maka kalian harus meng-updatenya atau melakukan penginstalan ulang dengan driver yang sesuai dengan LAN Card yang ada.

5.Sebelum menambah driver LAN Card yang baru, sebaiknya kalian menghapus semua komponen yang telah terinstal sebelumnya. Caranya dengan memilih salah satu komponen yang akan dihapus, kemudian mengklik tombol Remove. Setelah semua komponen di hapus, Network dalam keadaan kosong.

6.Kalian dapat menginstal driver LAN Card dengan cara mengklik tombol Add. Selanjutnya akan tampak halaman utama penginstalan.

7.Karena kalian akan melakukan penginstalan driver LAN Card, kalian harus memilih menu Adapter. Selanjutnya, klik tombol Add. Pemilihan menu ini akan membawa kalian pada halaman penentuan driver yang telah disediakan oleh windows.

8.Pada halaman tersebut kalian dapat menentukan jenis LAN Card dan driver yang sesuai dengan perangkat keras yang kalian miliki. Apabila kalian menggunakan perangkat keras kartu LAN dengan merek yang sama, kalian dapat memilih jenis Realtek pada kolom Manufactures dan jenis Realtek RTL8029 PCI Fast Ethernet pada kolom Network Adapter.

9.Klik OK apabila driver telah ditemukan, jika kalian tidak menemukan satu jenis driver yang sesuai dengan LAN Card yang kalian miliki, atau apabila kalian menggunakan LAN Card dengan versi terbaru, biasanya pada saat membeli akan disertakan disket driver.

10.Apabila kalian ingin menggunakan driver pada disket bawaan, kalian dapat menginstalnya melalui halaman Install From Disk. Klik tombol Have Disk untuk masuk ke halaman tersebut.

11.Pada halaman Install From Disk, kalian dapat menggunakan tombol Browse untuk menentukan posisi driverLAN Card . Setelah posisi driver ditemukan, klik tombol OK. Tunggulah proses instalasi, sehingga pada halaman Network akan tampak hasil instalasi.

Catatan:
Apabila kalian menggunakan sistem operasi windows 98 ke atas, secara otomatis komputer windows kalian mengenali LAN Card dengan spesifikasi di atas. Kalian tidak harus melalui tahap penginstalan di atas kecuali dengan spesifikasi LAN Card berbeda.

Post a Comment

0 Comments