Windows

Header Ads

Situs Portal Website Pemerintahan Responsive

 Selamat Siang mas dan mbak bro, kali ini saya akan mengshare tentang Website pemerintahan yang disini saya mencoba untuk belajar membuat website sesuai yang ada di sumbarprov.go.id.  Website pemerintahan adalah Situs Portal resmi Pemerintah yang memiliki tujuan diantaranya untuk memberikan pelayanan data dan informasi kepada masyarakat melalui pemanfaatan kemajuan teknologi. Website ini di buat sebagai bahan belajar dalam pengembangan website agar ada objek yang bisa digunakan sebagai acuan atau referensi. 

Berikut tampilan dari website ini :

Pengembangan Situs Portal Website Pemerintahan 


 
Website pemerintahan adalah Situs Portal resmi Pemerintah yang disini kita mengambil objek Provinsi Sumatera Barat. Situs ini memiliki tujuan diantaranya untuk memberikan pelayanan data dan informasi kepada masyarakat melalui pemanfaatan kemajuan teknologi. Dalam pembangunan dan pengembangannya portal resmi ini diharapkan menjadi Pemerintah Provinsi terdepan dalam pemanfaatan teknologi khususnya internet, yang kedua portal ini diharapkan mampu memberikan informasi kepada masyarakat mengenai informasi berupa berita, agenda infografis dan pengumuman yang berkaitan dengan kepemerintahan Provinsi Sumatera Barat.

 Saya mencoba untuk membuat website yang bersifat dinamis dimana semua informasi dan pengumuman didalamnya dapat diupdate setiap saat. Dengan website ini menjadi sebuah website dinamis maka dapat mempermudah pihak admin dalam pembeharuan data dan infomasi yang akan ditampilkan di website ini secara berkala. Dalam website ini dibuatkan Front-End untuk ditampilkan kepada masyarakat atau pengunjung situs potal, dan Back-End yang bisa diakses dan dikelola oleh pihak admin atau orang yang memiliki wewenang untuk mengelola website tersebut.

Front-End merupakan halaman yang ditampikan jika membuka atau mengakses website oleh orang banyak. Beranda Front-End berisikan menu, informasi dan pengumuman terbaru yang ditambahkan oleh admin. Menu-menu yang ada di front-end adalah profile, informasi,dan pengumuman. Menu Profile memiliki Sub-Menu visi-misi dan stuktur organisasi dimana tampilannya seperti gambar berikut ini:

Berikutnya menu informasi yang berisikan berita, agenda dan infografis. Dimana tampilan informasi sebagai berikut:

Terakhir adalah menu pengumuman berisikan semua pengumuman yang sudah diinputkan oleh admin sehingga bisa dilihat oleh pengunjung situs portal. Berikut merupakan tampilan menu pengumuman:

Dalam setiap informasi dan pengumuman juga bisa ditampilkan detil informasi dan pengumuman, dimana tapilannya sebagai berikut:

Back-End yang dibuatkan memeiliki fungsi untuk membantu pihak admin dalam pengelolaan dan pembaruan informasi atau berita yg akan ditampilkan di sumbarprov.go.id. Back-End merupakan halaman yang dikelola dan diakses oleh admin, dimana admin dapat mengakses sumbarprov.go.id/admin yang akan diarahkan keform Login. Menu-menu yang ada diback-end yaitu:

1. Dahsboard

Dashboard merupakan halaman yang ditampilkan jika admin sukses melakukan login, dimana tampilannya sebagai berikut:

Dilihat dari gambar diatas dashboard menampikan jumlah data yg tersimpan di database yaitu data admin, data ketegori, data informasi dan data pengumuman.

2. Data Admin

Menu data admin menampilkan data admin yang sudah ada atau telah di inputkan sebelumnya. Dihalaman ini kita bisa melakukan penginputan, edit, delete data admin yang akan disimpan di database, dimana tampilannya seperti berikut ini:


3. Data Profile

Menu data profile menampilkan data profile yang berisi visi, misi, dan struktur organisasi pemerintahan Provinsi Sumatera Barat yang sudah ada atau telah di inputkan sebelumnya. Dihalaman ini kita juga bisa melakukan penginputan, pengeditan dan penghapusan data.

4. Data Kategori Informasi

Menu data kategori informasi menampilkan data kategori informasi yang sudah ada atau telah di inputkan sebelumnya. Dihalaman ini kita juga bisa melakukan penginputan, pengeditan dan penghapusan data. Data kategori ini berfungsi untuk mengelompokkan informasi berdasarkan kategorinya.

5. Data Informasi

Menu data informasi menampilkan data informasi yang sudah ada atau telah di inputkan sebelumnya. Dihalaman ini kita juga bisa melakukan penginputan, pengeditan dan penghapusan data. Data informasi inilah informasi yang akan ditampilkan di front-end sumbarprov.go.id sesusai dengan kategori informasinya.

6. Data Pengumuman

Menu data pengumuman menampilkan data pengumuman yang sudah ada atau telah di inputkan sebelumnya, berikut merupakan tampilan halaman data pengumuman:

Dihalaman ini kita juga bisa melakukan penginputan, pengeditan, dan hapus data. Berikut merupakan tampilan input data pengumuman:

Dan berikut merupakan tampilan edit data pengumuman berdasarkan id pengumuman:

Data pengumuman inilah pengumuman yang akan ditampilkan atau disampaikan kepada pengunjung di front-end .

Demikianlah penjelasan tentang Situs Portal Pemerintahan yang sudah saya buat atau kerjakan, semoga website bermanfaat sebagai bahan belajar sesuai dengan harapan yang sudah diberikan kepada saya.

Download | Demo

Aplikasi Lainnya 

Gimana, Sangat Menarik Bukan ??? 

Aplikasi ini bisa digunakan sebagai referensi atau juga bisa langsung digunakan untuk anda.  Aplikasi ini  bisa dikembangkan sesuai dengan kebutuhan Anda.  Jika Anda butuh bantuan bisa langsung hubungi saya atau juga bisa langsung koment di bawah ini.  Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melakukan penelitian atau skripsinya. Baik lah cara untuk mendapatkan aplikasi ini silahkan di download pada link di atas ini. mudah-mudahan bermanfaat ya gan. :D

 

Jangan lupa kunjungi website rajaphp.com untuk mendapatkan ratusan aplikasi yang dapat di download ya guys. Aplikasi nya bernilai jutaan rupiah, dan kalian juga bisa mendapatkan penghasilan dari website rajaphp.com, ayoo buruan tunggu apalagi. Kunjungi sekarang juga, klik disini




 



 

Post a Comment

0 Comments