Windows

Header Ads

Aplikasi Data Mining dengan Algoritma K-Means Clustering with Codeigniter

Selamat malam bro, pada kali ini saya ingin share aplikasi data mining dengan algoritma K-Means Clustering menggunakan Framework Codeigniter. K-means merupakan salah satu algoritma clustering. Tujuan algoritma ini yaitu untuk membagi data menjadi beberapa kelompok. Algoritma ini menerima masukan berupa data tanpa label kelas. Hal ini berbeda dengan supervised learning yang menerima masukan berupa vektor (­x­1 , y1) , (­x­2 , y2) , …, (­x­i , yi), di mana xi merupakan data dari suatu data pelatihan dan yi merupakan label kelas untuk xi.

Pada algoritma pembelajaran ini, komputer mengelompokkan sendiri data-data yang menjadi masukannya tanpa mengetahui terlebih dulu target kelasnya. Pembelajaran ini termasuk dalam unsupervised learning. Masukan yang diterima adalah data atau objek dan k buah kelompok (cluster) yang diinginkan. Algoritma ini akan mengelompokkan data atau objek ke dalam k buah kelompok tersebut. Pada setiap cluster terdapat titik pusat (centroid) yang merepresentasikan cluster tersebut.

Seperti yang saya kutip dari mbah wikipedia diatas, K-Means sering digunakan untuk data mining. Algoritma ini bersifat asosiatif, yaitu mengelompokkan data yang hampir mendekati dengan titik pusat atau centroid yang dijadikan sebagai jarak. Kata lainnya algoritma K-Means melakukan pengelompokkan atau clustering berbasiskan jarak yang membagi data ke dalam sejumlah kelompok atau cluster. Selain itu, algoritma ini hanya dapat bekerja pada data yang berupa numerik/angka. Aplikasi ini sangat cocok bagi teman-teamn yang mengangkat judul tugas akhir data mining khususnya untuk jurusan Teknik Informatika. Mudah2an bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkan. Berikut screenshotnya :







[DOWNLOAD] [DEMO] 

Jika anda tertarik untuk mencoba aplikasi ini, bisa langsung klik download dan jangan lupa databasenya juga di download. Sekian postingan saya kali ini kunjungi juga website http://rajaphp.com yang merupakan Forum dan Gudang Download Aplikasi PHP .

Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya, dan tentunya dengan artikel yang jauh lebih menarik lagi, jika anda mempunyai pertanyaan, komentar atau masukan mengenai artikel ini, silahkan meninggalkan pesan pada form yang telah kita sediakan atau juga bisa menghubungi saya di no telp : 082170214495, atau email : vendry7@gmail.com, To Be Continued…


Post a Comment

1 Comments

  1. mantaapp jiwaa massss sngat membantu skripsi saya mas.. ngomong"itu apa ya mas :D

    ReplyDelete